Stonehenge Ternyata Lebih Tua Dari Yang Kita Bayangkan




Misteri di balik siapa yang sebenarnya membangun Stonehenge memang masih belum terjawab. Namun, dapat dipastikan bahwa pembangunannya sendiri bermula pada 7.500 SM.
Seperti yang dilansir oleh The Telegraph (19/4), hal ini diketahui berdasarkan uji karbon dari lokasi ini. Para arkeolog pun menemukan fakta bahwa sebuah pondasi semi permanen ternyata sudah dipersiapkan untuk situs ini sejak rentangan waktu antara 7.500 hingga 4.700 SM.
Padahal, seperti diketahui, tanda-tanda kehidupan manusia di sekitar tempat ini sendiri baru diketahui pada masa 2.500 SM. Dengan begitu, bisa jadi sudah ada yang hidup di sana beberapa milenium sebelumnya.
Selama ini sendiri, Stonehenge diduga didirikan oleh manusia purba pada zaman Neolitikum. Namun, dengan adanya penemuan ini, bisa dipastikan bahwa manusia zaman Megalitikum juga memiliki peran dalam pendiriannya.
Berbicara mengenai Stonehenge sendiri memang unik. Susunan batu ini tidak ada yang mengetahui secara pasti siapa pendirinya, untuk apa didirikan, dan sejak kapan berdiri.
Kurangnya data sejarah pun juga membuat para ahli menerka-nerka jawaban dari pertanyaan tersebut. Kira-kira, apa ya jawaban dari segala misteri Stonehenge ini?

Follow On Twitter